Mahasiswa Teknik Perminyakan UPNVYK Menggema di PROTECT 2024

Tim Rock Oil dan Artavika berhasil meraih gelar Champion pada Well Design Competition dan Business Case Competition pada ajang Annual International Petroleum Integrated Event & Competition (PROTECT) 2024. Kompetisi berskala internasional ini berlangsung di Universitas Pertamina, Jakarta pada tanggal 25-26 Mei 2024.

Tim Rock Oil yang beranggotakan Mahasiswa TM angkatan 2021 terdiri dari Muhammad Iqbal Arrizqi Nuzli, Nahsya Aprilia Tuhulele, Kadek Anggita Pratiwi, dan Ricky Ahmad Musthofa. Dalam well design competition ini mereka berlomba untuk merancang sumur sehingga mencapai acceptable safety level, environmentally friendly, dan economical feasibility.

 "Tim Rock Oil sendiri baru pertama ini mengikuti well design competition. Untuk lomba ini terdiri dari dua tahap yaitu preliminary dan final case. Untuk tahap final case terdapat problem - problem yang harus kami selesaikan sehingga untuk itu kami diminta untuk merancang trajectory, casing, BHA, lumpur, semen, dan komplesi yang sebelumnya kami juga melakukan geological review terhadap lapangan yang diberikan. Akhir dari case ini adalah kami menghitung keekonomian. Selain merancang sumur yang aman, kami juga menawarkan beberapa inovasi yang dapat mengurangi NPT. Dalam penyelesaiannya kami juga mendukung prinsip SDGS yang mana itu tertuang dalam aditif lumpur pemboran yang kami gunakan sampai waste management dari lumpur tersebut. Dalam pengerjaan case kami juga berkonsultasi dengan pembimbing kami yaitu Mas Ragil yang juga dari bidang keilmuan pemboran sehingga dari input yang diberikan, bisa menjadi dasar kami untuk menyelesaikan case tersebut. Lebih dari technical solution yang kami tawarkan, kerja sama dan komunikasi tim sangat diperlukan untuk membangun suatu tim yang mempunyai visi dan misi yang sama." Jelas Nahsya dari Tim Rock Oil.

Tim Artavika yang beranggotakan Malika Abimanyu, Rama Zaqy Oktavianto, dan Alta Gracia Mei Cherish juga menorehkan prestasi dengan meraih gelar champion dalam kategori Business Case Competition. Ide bisnis inovatif mereka tentang panas bumi mampu mengantarkan mereka menuju puncak kemenangan.

"Saya mewakili Alta sama Rama tentu sangat senang dengan pencapaian ini. Dari awal kami mendapat case untuk pengembangan bisnis yang mendukung “Transisi Energi” di Indonesia merupakan tantangan yang besar, kami melakukan brainstorming bersama sama dan sepakat untuk mengembangkan bisnis di sektor panas bumi. Kami membagi tugas dalam pengerjaan ini menjadi 3 yaitu dari bidang engineering, economy analysis dan business analysis. Dan juga dalam penyusunan dan pengerjaan nya kami berdiskusi dengan Dosen Pembimbing kami yaitu Mas Allen untuk membahas hal hal yang sekiranya dapat menambah daya jual dan juga keakuratan dari pengerjaan case ini. Tentu masih banyak sekali kekurangan dari hasil ini karena keterbatasan data yang kami dapatkan namun kami berusaha untuk dapat menyusun dengan data yang ada dan hasil yang maksimal" Jelas Malika dari Tim Artavika.

Prestasi ini menjadi suatu motivasi untuk menjadikan Teknik Perminyakan UPNVYK semakin maju dan dapat dapat berhasil dalam perlombaan nasional maupun internasional.

PERMINYAKAN

MENGGEMA DI UDARA

Share: